Breaking News

Kabupaten Jembrana kembali menggelar Jumbara XIV setelah sempat terhenti karena pandemi Covid-19, dengan tema “Care, Creative, and Cheerful”. Jumbara merupakan Jumpa Bhakti Gembira yaitu kegiatan tahunan yang diselenggarakan langsung oleh PMI, dengan bentuk kegiatan pembinaan serta pertemuan antara PMR untuk saling berbagi, mempererat persahabatan dan meningkatkan pengetahuan melalui kegiatan perkemahan dan travelling kepalangmerahan. Perkemahan tersebut dilaksanakan di Kabupaten Jembrana, Lapangan Tegal Cangkring, pada tanggal 12-15 Maret 2023 yang berarti selama 4 hari. Adapun kegiatan Jumbara ini melibatkan berbagai PMR se-kabupaten Jembrana, yaitu sebanyak 568 orang dimana terdiri dari 3 kontingen PMR mula, 19 kontingen PMR Madya, dan 7 kontingen PMR Wira. Tingkatan itu terdiri dari SD, SMP, dan SMA. Dalam kegiatan ini nantinya mereka akan melakukan pembinaan, latihan dan menerapkan 7 prinsip dasar kepalangmerahan yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan. Setelah melakukan kegiatan tersebut nantinya akan diadakannya beberapa evaluasi yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan untuk Jumbara pada masa depan nanti yang lebih cerah dan gemilang. Jumbara dilaksanakan untuk mengukur seberapa besar kemampuan yang dimiliki oleh PMR se-kabupaten Jembrana di setiap sekolah yang ada karena mengingat setiap sekolah di Jembrana telah mengikuti Latihan Dasar (latdas), oleh karena itu Jumbara ini dilaksanakan untuk melihat seberapa pengetahuan para PMR tentang materi kepalangmerahan yang telah diajarkan pada latdas kemarin.

Jumbara ini dibuka dengan parade yang diikuti oleh semua anggota dari masing-masing kontingen, berbagai macam adat kebudayaan ditampilkan dengan sistem mementaskannya pada juri. Setelah itu dilaksanakan upacara pembukaan yang dibuka oleh pembina yang bernama I Gusti Putu Anom Saputra, AP., MSi. dengan menancapkan kapak yang menandakan telah dibukanya acara. Kegiatan Jumbara ini berlangsung lancar dan menyenangkan dari hari pertama hingga ketiga. Dilaksanakannya berbagai kegiatan seperti pembekalan materi, kunjungan ke kontingen lain dengan menyiapkan sebuah cindramata, olahraga persabatan dimana masing-masing kontingen akan diacak supaya lebih mengenal kontingen lain, terdapat pensi yang seru dan menyenangkan, senam bersama, dan fun games. Dibalik acara yang sukses terdapat panitia.

“Di sini kami dari panitia untuk mempersiapkan kegiatan ini sangat panjang karena banyak membuat persiapan seperti maskot dan juga mengkapling banyak sekali tempat” Ucap ketua panitia yang bernama Putu Okta. Di hari ketiga terdapat juga Bapak Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna yang berkunjung “Jumbara merupakan suatu kegiatan yang bisa melatih disiplin, kemandirian, dan mendapatkan ilmu yang tidak ada di kelas sehingga harapan kita jumbara ini dapat dilaksanakan setiap tahun” Ucap Bapak Patriana Krisna.

Dari seluruh kegiatan yang sudah dilaksanakan, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi peserta, karena mendapat lebih banyak pengetahuan dan wawasan mengenai bagaimana menjadi relawan muda yang peduli terhadap sesama masyarakat. Harapannya agar Jumbara ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya agar memajukan PMR Jembrana untuk masa depan yang lebih baik lagi.

 

 

pmrsmansajembrana

Bagikan postingan ini!

About the Author: pmrsmansajembrana

Leave A Comment

INSTAGRAM TERKINI
[tagembed widgetid 54277]

PROGRAM

KEGIATAN

SOSIAL

PMI

JEMBRANA

Recent Comments

  1. kegiatan yg bagus untuk menguatkan mental anak anak dan meningkatkan rasa percaya diri. SMPN 2 NEGARA memang Hebat

DONASI

Donasi untuk Kegiatan Kemanusiaan.

Donasi Kemanusiaan PMI Jembrana

sekecil apapun dukungan anda kepada PMI Jembrana, anda sudah berkontribusi terhadap kegiatan kemanusiaan di Jembrana, Bali dan Indonesia

DONASI SEKARANG

Terima Kasih atas SUMBANGSIH anda!

pmrsmansajembrana